Alat pemadam kebakaran portable

Alat pemadam kebakaran portable

Alat pemadam kebakaran portable

Alat pemadam kebakaran portable atau biasa disebut juga alat pemadam api portable digunakan untuk memadamkan api dalam skala kecil untuk mencegah kebakaran semakin besar, alat pemadam kebakaran ini terdiri dari beberapa jenis sesuai jenis kebakarannya. Berikut ini jenis-jenis alat pemadam kebakaran portable.

  1. CO2 (Carbon dioksida)

Jenis alat pemadam api ini menggunakan bahan CO2 (karbon dioksida) . Jenis alat pemadam api ini digunakan untuk memadamkan api seperti elektronik, instrument laboratorium,, komputer, dll,

  1. Water

sebagai bahan pemadamnya Alat pemadam api ini menggunakan air dan karbon dioksida. Jenis pemadam ini di peruntukkan untuk memadamkan api yang membakar kertas dan kayu dan sejenisnya. tidak boleh / tidak cocok digunakan untuk peralatan listrik atau cairan kimia organic .

  1. Foam

Jenis pemadam ini cocok untuk area yang terdapat minyak yang tidak bisa bercampur dengan air. jenis alat pemadam api ini menggunakan bahan kimia yang dapat membentuk busa didorong dengan karbon dioksida pada saat keluar dari tabung. Foam ini akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga oksigen tidak bisa masuk untuk proses kebakaran.

  1. Powder

mengandung serbuk kering seperti serbuk silica yang dicampur dengan serbuk sodium bikarbonat. Serbuk yang dikeluarkan akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga memisahkan oksigen yang merupakan salah satu kompenen kebakaran. Jenis ini tidak disarankan digunakan pada area yang terdapat peralatan produksi atau instrument produksi karena serbuk-serbuk pemadam dapat merusak bagian dari peralatan tersebut.

Leave a Reply